anak untukeningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD
Pendidikan memiliki peran sangat
penting untuk meningkatkan kualitas
sumber daya manusia. Di mana
fungsi pendidikan untuk
mengembangkan siswa ke arah
kehidupan yang lebih baik, tidak
hanya bagi diri sendiri, tapi bagi
manusia lainnya. Oleh karenanya,
penyelenggaraan pendidikan harus
memiliki perencanaan dan
pelaksanaan yang baik agar
mendapatkan hasil yang maksimal.
Siswa adalah aset dan penerus
bangsa yang tidak hanya cerdas
secara intelektual, namun juga
memiliki karakter yang baik untuk
menghadapi tuntutan zaman.
Pemerintah membuat program
pendidikan karakter dalam prioritas
pembangunan nasional yang tertuang
dalam Rencana Pembangunan Jangka
Panjang nasional (RPJPN) tahun 2005-
2025 melalui Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK). Salah satu tujuan dari
PPK adalah melestarikan kebudayaan
dan jati diri bangsa Indonesia dalam
mendukung Gerakan Nasional
Revolusi Mental
(Kemendikbud,
2017).
Dengan adanya karakter cinta
tanah air dapat memberikan bekal
pada siswa untuk membangun warga
negara yang baik. Karakter cinta
tanah air dapat terlihat dari cara
berpikir, bertindak, dan berwawasan
yang menempatkan kepentingan
bangsa dan negara di atas
kepentingan diri dan kelompoknya
(Kemendiknas, 2010:9).
Saat ini, globalisasi sudah
berkembang sangat pesat, di mana
globalisasi sendiri dapat memberikan
dampak positif maupun negatif bagi
generasi muda. Berbagai konten dan
informasi dari berbagai tempat dan
negara dapat dengan mudah diakses
oleh anak.
untuk menghadapi dinamika abad 21.
Selain karakter cinta tanah air, ada
hal lain yang cukup penting yaitu
pemahaman konsep.
Pemahaman konsep penting untuk
siswa karena dapat mempengaruhi
hasil belajar. Memahami konsep
membutuhkan pemahaman siswa
melalui pengembangan pengalaman
dan pemikirannya (Arends, 2010:258).
Pemahaman konsep mempunyai
peran penting dalam proses kegiatan
belajar mengajar dikelas. Oleh
karenanya pemahaman konsep
menjadi dasar dalam
mengembangkan kemampuan
berfikir siswa ke High Order Thingking
Skill (HOTS).
air.
Proses belajar mengajar yang baik
tidak hanya aspek kognitif saja
namun aspek afektif dan
psikomotorik yang harus sesuai
dengan tujuan pendidikan nasional
bangsa Indonesia. Proses belajar
mengajar harus dilakukan dengan
baik dan memilih metode
pembelajaran yang sesuai dan efektif
dalam proses belajar mengajar untuk
mencapai tujuan tersebut. Media
membantu guru dalam memberikan
pengalaman belajar pada siswa
daripada sekedar menstransfer
informasi (Smaldino, 2011: 16). Media
yang disesuaikan dan dirancang
secara khusus dapat memberikan
konstribusi bagi pengajaran yang
efektif siswa agar dapat mencapai
hasil maksimal terlepas dari
kemampuan bawaan siswa.
air.
Proses belajar mengajar yang baik
tidak hanya aspek kognitif saja
namun aspek afektif dan
psikomotorik yang harus sesuai
dengan tujuan pendidikan nasional
bangsa Indonesia. Proses belajar
mengajar harus dilakukan dengan
baik dan memilih metode
pembelajaran yang sesuai dan efektif
dalam proses belajar mengajar untuk
mencapai tujuan tersebut. Media
membantu guru dalam memberikan
pengalaman belajar pada siswa
daripada sekedar menstransfer
informasi (Smaldino, 2011: 16).
Media yang disesuaikan dan dirancang
secara khusus dapat memberikan
konstribusi bagi pengajaran yang
efektif siswa agar dapat mencapai
hasil maksimal terlepas dari
kemampuan bawaan siswa.
Pengembangan multimedia
interaktif juga mengacu pada
Peraturan Menteri Negara
pemberdayaan Perempuan dan
perlindungan Anak Republik
Indonesia No 8 Tahun 2014 tentang
Kebijakan Sekolah ramah Anak.
Muatan ramah anak akan terlihat
dalam tokoh yang melakukan
interaksi pada siswa dalam
multimedia interaktif.
Multimedia interaktif ramah anak
dapat digunakan untuk
meningkatkan pemahaman konsep
dan karakter cinta tanah air. Sesuai
dengan hasil angket pada guru
bahwa guru sangat membutuhkan
multimedia interaktif ramah anak
untuk pembelajaran di kelas terutama
materi keragaman budaya bangsa.
Dengan multimedia interaktif ramah
anak dapat dimanfaatkan dalam
kegiatan belajar mengajar dan dapat
meningkatkan karakter cinta tanah
air.
Materi keberagaman budaya
bangsa dengan penggunaan
multimedia interaktif dapat
meningkatkan pemahaman siswa.
Karna penggambaran rumah, pakaian
adat dan melestarikan kebudayaan di
Indonesia yang lebih menyenangkan
membuat siswa lebih tertarik dan
lebih fokus pada pembelajaran.
Melalui pembelajaran berbasis media
siswa dapat memasukkan di
komputer sekolah masing-masing
sehingga dapat meningkatkan
pemahaman konsep dan karakter
cinta tanah air.
Oleh : Melani Septi Arista Anggraini1
, E. Kus Eddy Sartono2
Sumber : Sinta 4.
Komentar
Posting Komentar